Liga Super Indonesia

sepak-bolaaa.blogspot.com > sepak bola > pssi > liga indonesia > Liga Super Indonesia

Liga Super Indonesia

Liga Super Indonesia (Indonesia Super League (ISL)) adalah kompetisi sepak bola antar klub profesional level tertinggi di Liga Indonesia pada tahun 2008 hingga 2011. LSI diselenggarakan oleh PT Liga Indonesia (dahulu BLI) yang dimiliki oleh PSSI. LSI dikuti 18 tim terbaik yang akan saling bertanding satu putaran penuh kompetisi 34 pertandingan, kandang dan tandang. Sistem operasi untuk setiap klub peserta dengan promosi dari dan degradasi ke Divisi Utama

Musim kompetisi tidak menentu dan disesuaikan dengan kondisi atau suasana yang terjadi di Indonesia . Sponsor utama LSI adalah perusahaan rokok Djarum, oleh karena itu LSI secara resmi dikenal sebagai Djarum Indonesia Super League. Pada musim 2009–10 AFC menobatkan Liga Super Indonesia adalah liga terbaik peringkat ke-8 se-Asia, dan liga terbaik se-Asia Tenggara.



Sejarah

Ide dari pelaksanaan sistem liga ini telah dikemukakan sejak tahun 2007 sebagai upaya mewujudkan profesionalisme dalam persepak-bolaan nasional. Alasan lainnya adalah karena format Liga Indonesia pada tahun 2007 yang kurang adil, berlangsung secara sistem setengah kompetisi. Sistem ini menyebabkan tingginya tingkat ketegangan pertandingan dan sangat berpotensi memicu kerusuhan. Alasan terakhir adalah karena terlalu banyak tim peserta (36 tim).

Barulah ditahun 2008 menjadi nama Liga Super Indonesia 2008–09 (nama resmi: Djarum Indonesia Super League; disingkat ISL) adalah kompetisi tingkat tertinggi dalam musim keempat belas Liga Indonesia. Pada musim ini antv menjadi pemilik hak siar pertandingan di televisi. Kompetisi ini dilaksanakan untuk mengikuti persyaratan FIFA yang menyatakan bahwa liga teratas dari suatu negara harus diikuti oleh paling sedikit 18 klub dan setiap klub diharapkan merupakan klub profesional tanpa dibantu dana subsidi Pemerintah APBD.

Sistem kompetisi

LSI 2008–09 menggunakan sistem kompetisi penuh yang terbagi ke dalam 2 putaran. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pada Bulan Ramadhan, LSI 2008 tetap dilangsungkan, dengan perubahan waktu pertandingan yakni digelar pada malam hari setelah salat tarawih. Kick-off dilakukan pukul 21.00 WIB.

18 klub perdana

Pada awal LSI 2008 diadakan dengan menyeleksi sembilan tim teratas dari Divisi Utama Liga Indonesia 2007. Tim-tim tersebut adalah:

Wilayah Barat:
  1. Sriwijaya FC Palembang
  2. Persija Jakarta
  3. PSMS Medan
  4. Deltras Sidoarjo
  5. Persib Bandung
  6. Persela Lamongan
  7. Semen Padang
  8. Pelita Jaya Jawa Barat
Wilayah Timur:
  1. Persipura Jayapura
  2. Persiwa Wamena
  3. Persela Lamongan
  4. Persisam Samarinda
  5. Arema Indonesia
  6. PSM Makassar
  7. Persiba Balikpapan
  8. Bontang FC
  9. Persijap Jepara
  10. Persema Malang
  11. Persibo Bojonegoro
Dari 18 klub teratas Divisi Utama Liga Indonesia 2007 yang diverifikasi oleh BLI, ada 2 klub tidak bisa mengikut LSI 2008 dan mengikuti karena Divisi Utama karena tidak memenuhi 5 aspek verifikasi BLI, yaitu Persiter Ternate dan Persmin Minahasa. Untuk mengisi kekosongan itu, 7 klub calon pengganti pun diverifikasi. Setelah melalui proses verifikasi, akhirnya 2 klub yang memiliki poin tertinggi dari 5 aspek verifikasi BLI, berhak menggantikan posisi Persiter dan Persmin, yaitu Bontang PKT dan PSIS Semarang.
  1. Arema Malang
  2. Delta Putra Sidoarjo
  3. Pelita Jaya
  4. Persela Lamongan
  5. Persib Bandung
  6. Persiba Balikpapan
  7. Persija Jakarta
  8. Persijap Jepara
  9. Persik Kediri
  10. Persipura Jayapura
  11. Persita Tangerang
  12. Persitara Jakarta Utara
  13. Persiwa Wamena
  14. PKT Bontang
  15. PSIS Semarang
  16. PSM Makassar
  17. PSMS Medan
  18. Sriwijaya FC Palembang
Format kompetisi

Format kompetisi memakai satu wilayah dan tidak ada lagi format dua wilayah. Pemenang akan ditentukan dari jumlah poin paling banyak selama 34 pertandingan. Juara akan mewakili Indonesia di Liga AFC Champions League. Runner-up akan mewakili Indonesia di Piala AFC dan AFC Champions League dengan play-off. Tiga tim penghuni terbawah klasemen akan langsung terdegradasi. Sementara satu tim (peringkat ke-15) akan melakukan play-off melawan peringkat ke-4 Divisi Utama.

Sponsor

Sejak musim perdananya hingga musim 2011–12, LSI disponsori oleh Djarum yang merupakan sponsor titel. Sebelumnya, Djarum sendiri sudah 3 tahun berturut-turut mensponsori Divisi Utama sejak 2005.

Televisi penyiar

Sejak musim perdananya, LSI disiarkan oleh stasiun televisi nasional antv, tvone .

Klub

Total jumlah seluruh klub yang pernah merumput di LSI sejak 2008 adalah 21 klub.

Tim Liga Super Indonesia 2013
  1. Arema Indonesia
  2. Barito Putra
  3. Persegres Gresik United
  4. Mitra Kukar
  5. Pelita Bandung Raya
  6. Persela Lamongan
  7. Persib Bandung
  8. Persiba Balikpapan
  9. Persidafon Dafonsoro
  10. Persija Jakarta
  11. Persepam Madura United
  12. Persipura Jayapura
  13. Persiram Raja Ampat
  14. Persisam Putra Samarinda
  15. Persita Tangerang
  16. Persiwa Wamena
  17. PSPS Pekanbaru
  18. Sriwijaya FC
sepak-bolaaa.blogspot.com > sepak bola > pssi > liga indonesia > Liga Super Indonesia
Tags:

Kopas Brothers

Blog ini merupakan Portal Informasi tentang Sepak Bola Semua artikel, gambar, video, dan berita yang ditampilkan di blog ini adalah milik masing-masing pemilik. Kami tidak memegang hak cipta!! semua artikel ini telah dikumpulkan dari berbagai sumber publik termasuk website yang berbeda, mengingat sumber-sumber tersebut berada dalam domain publik. [ Salam - Kopas Brothers ]