Persib Bandung

sepak-bolaaa.blogspot.com > sepak bola > pssi > liga indonesia > liga super indonesia > tim liga super indonesia 2013 > Persib Bandung

Persib Bandung


Julukan :
Didirikan : 14 Maret 1933

 Stadion :
Direktur : Glenn Sugita

Manager : H. Umuh Muchtar

Direktur Teknik : Indra Tohir

Pelatih : Djajang Nurjaman

Asisten Pelatih :
  • Sutiono Lamso
  • Asep Somantri
Pelatih Kiper : Anwar Sanusi


Pelatih Fisik : Dino Sefriyanto

Pelatih U-21 : Mustika Hadi


Posisi : 2011-12 Peringkat 8

Kelompok suporter : Viking Persib Club dan THE BOMBER (Bobotoh Maung Bandung Bersatu)


Sebelum bernama Persib Bandung, di Kota Bandung berdiri Bandoeng Inlandsche Voetbal Bond (BIVB) pada sekitar tahun 1923. BIVB ini merupakan salah satu organisasi perjuangan kaum nasionalis pada masa itu. Tercatat sebagai Ketua Umum BIVB adalah Mr. Syamsudin yang kemudian diteruskan oleh putra pejuang wanita Dewi Sartika, yakni R. Atot.


Atot pulalah yang tercatat sebagai Komisaris Daerah Jawa Barat yang pertama. BIVB memanfaatkan lapangan Tegallega di depan tribun pacuan kuda. Tim BIVB ini beberapa kali mengadakan pertandingan di luar kota seperti Yogyakarta dan Jatinegara, Jakarta.

BIVB kemudian menghilang dan muncul dua perkumpulan lain yang juga diwarnai nasionalisme Indonesia yakni Persatuan Sepak bola Indonesia Bandung (PSIB) dan National Voetball Bond (NVB). Pada tanggal 14 Maret 1933, kedua perkumpulan itu sepakat melakukan fusi dan lahirlah perkumpulan yang bernama Persib yang kemudian memilih Anwar St. Pamoentjak sebagai Ketua Umum. Klub-klub yang bergabung ke dalam Persib adalah SIAP, Soenda, Singgalang, Diana, Matahari, OVU, RAN, HBOM, JOP, MALTA, dan Merapi.

Persib kembali masuk final kompetisi perserikatan pada tahun 1934, dan kembali kalah dari VIJ Jakarta. Dua tahun kemudian Persib kembali masuk final dan menderita kekalahan dari Persis Solo. Baru pada tahun 1937, Persib berhasil menjadi juara kompetisi setelah di final membalas kekalahan atas Persis.

Di Bandung pada masa itu juga sudah berdiri perkumpulan sepak bola yang dimotori oleh orang-orang Belanda yakni Voetbal Bond Bandung & Omstreken (VBBO). Perkumpulan ini kerap memandang rendah Persib. Seolah-olah Persib merupakan perkumpulan "kelas dua". VBBO sering mengejek Persib. Maklumlah pertandingan-pertandingan yang dilangsungkan oleh Persib ketika itu sering dilakukan di pinggiran Bandung, seperti Tegallega dan Ciroyom. Masyarakat pun ketika itu lebih suka menyaksikan pertandingan yang digelar VBBO. Lokasi pertandingan memang di dalam Kota Bandung dan tentu dianggap lebih bergengsi, yaitu dua lapangan di pusat kota, UNI dan SIDOLIG.

Persib memenangkan "perang dingin" dan menjadi perkumpulan sepak bola satu-satunya bagi masyarakat Bandung dan sekitarnya. Klub-klub yang tadinya bernaung di bawah VBBO seperti UNI dan SIDOLIG pun bergabung dengan Persib. Bahkan VBBO (sempat berganti menjadi PSBS sebagai suatu strategi) kemudian menyerahkan pula lapangan yang biasa mereka pergunakan untuk bertanding yakni Lapangan UNI, Lapangan SIDOLIG (kini Stadion Persib), dan Lapangan SPARTA (kini Stadion Siliwangi). Situasi ini tentu saja mengukuhkan eksistensi Persib di Bandung.

Sebagai tim yang dikenal baik, Persib juga dikenal sebagai klub yang sering menjadi penyumbang pemain ke tim nasional baik yunior maupun senior. Sederet nama seperti Risnandar Soendoro, Nandar Iskandar, Adeng Hudaya, Heri Kiswanto, Ajat Sudrajat, Yusuf Bachtiar, Dadang Kurnia, Robby Darwis, Budiman, Nur'alim, Yaris Riyadi hingga generasi Erik Setiawan dan Eka Ramdani merupakan sebagian pemain timnas hasil binaan Persib.Sampai saat ini Persib Bandung adalah tim Indonesia yang bisa di bilang paling dibanggakan oleh Indonesia karena prestasi dan kemampuannya.

Prestasi Persib Bandung

Salah satu catatan unik dari tim ini adalah ketika menjuarai kompetisi sepak bola Perserikatan yang untuk terakhir kalinya diadakan, yaitu pada tahun 1993/1994. Dalam pertandingan final, Persib yang ditulang-punggungi oleh pemain-pemain seperti Sutiono Lamso dan Robby Darwis mengalahkan PSM Makassar. Kompetisi sepak bola Galatama dan tim-tim Perserikatan di Indonesia kemudian dilebur menjadi Liga Indonesia (LI). Pada laga kompetisi LI pertama tahun 1994/1995, Persib kembali menorehkan catatan sebagai juara setelah dalam pertandingan final mengalahkan Petrokimia Putra Gresik dimana gol tunggal pada pertandingan tersebut dicetak oleh Sutiono. Persib juga merupakan salah satu klub Indonesia yang berhasil mencapai babak perempat final AFC Champions League.

Perserikatan :

  • Juara (5) : 1937, 1961, 1986, 1990, 1994
  • Runner-up (8) : 1933, 1934, 1936, 1950, 1959, 1960, 1982/1983, 1984/1985
Divisi Utama Liga Indonesia :

  • Juara (1):1994–95

Kompotesi Piala Nasional :

Piala Persija :
  • Juara (1): 1991
Piala Kang Dada :
  • Juara (1): 2008
Piala Celebes :


  • Juara (1): 2012
  • Perempat Final (1): 1995
Nama Pemain Persib Bandung :
  1. GK I Made Wirawan Indonesia
  2. GK Cecep Supriatna Indonesia
  3. GK Rizky Bagja Indonesia
  4. GK Shahar Ginanjar Indonesia
  5. DF Maman Abdurahman Indonesia
  6. DF Abanda Herman Cameroon
  7. DF Naser Al Sebai Suriah
  8. DF Jajang Sukmara Indonesia
  9. DF Supardi Nasir Indonesia
  10. DF Aang Suparman Indonesia
  11. DF Tony Sucipto Indonesia
  12. DF Muhammad Agung Pribadi Indonesia
  13. DM Hariono Indonesia
  14. DM Asri Akbar Indonesia
  15. MF Atep Kapten Indonesia
  16. MF Georges Parfait Mbida Messi Cameroon
  17. MF Muhammad Ridwan Indonesia
  18. MF Firman Utina Indonesia
  19. FW Hilton Moreira Brasil
  20. FW Kenji Adachihara Jepang
  21. FW Airlangga Sucipto Indonesia
  22. FW Sigit Hermawan Indonesia
  23. FW Sergio van Dijk Indonesia
TIM Persib U21 :

  1. Teguh M.I GK
  2. Dikri Y.A GK
  3. M. Fauzan Zauhar GK
  4. Gilang Prananda Bek Tengah
  5. Revi A.W Bek Tengah
  6. Dera Asmara Bek Tengah
  7. Agil Pramono Bek Tengah
  8. Arif Purnama Bek Kanan
  9. Jefri A.N Bek Tengah
  10. Ridwan Aditya Bek Kiri
  11. Muhamad Muhyidin Bek Tengah
  12. Fajar M.S Bek Tengah
  13. Cecep Maulana Bek Tengah
  14. Rizky Mulyawan Bek Tengah
  15. Abdul Aziz Gelandang Tengah
  16. Sandi Septian Gelandang Tengah
  17. Yogi S.P Gelandang Kanan
  18. Solihin Al A. Gelandang Kiri
  19. Febri H. Gelandang Kiri
  20. Dippi Y. Gelandang Kiri
  21. Sena Mahendra Gelandang Kanan
  22. Encep I.S Striker
  23. Rudiyana Striker
  24. Ryan Permadi Striker
  25. Sandi S.B Striker
    sepak-bolaaa.blogspot.com > sepak bola > pssi > liga indonesia > liga super indonesia > tim liga super indonesia 2013 > Persib Bandung
    Tags:

    Kopas Brothers

    Blog ini merupakan Portal Informasi tentang Sepak Bola Semua artikel, gambar, video, dan berita yang ditampilkan di blog ini adalah milik masing-masing pemilik. Kami tidak memegang hak cipta!! semua artikel ini telah dikumpulkan dari berbagai sumber publik termasuk website yang berbeda, mengingat sumber-sumber tersebut berada dalam domain publik. [ Salam - Kopas Brothers ]