Copa Sudamericana

sepak-bolaaa.blogspot.com > sepak bola > fifa > conmebol > Copa Sudamericana

Sejarah 


Copa Sudamericana adalah kompetisi klub paling bergengsi kedua di sepak bola Amerika Selatan  dan diselenggarakan oleh Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (CONMEBOL).

Turnamen ini pertama kali diadakan pada tahun 2002. 34 tim dari berbagai negara dibawah naungan CONMEBOL berpartisipasi dalam turnamen. Sejak tahun 2005 tim dari zona CONCACAF (Konfederasi Utara, Amerika Tengah dan Karibia Asosiasi Sepakbola) diundang untuk melengkapi turnamen.




Turnamen ini diadakan pada semester kedua tahun ini. Kebanyakan tim lolos ke Copa Sudamerica berdasarkan kinerja mereka di kejuaraan liga mereka.

Juara Sudamericana menjadi layak untuk bermain di Recopa SUDAMERICAN melawan pemenang Copa Libertadores. Mereka juga memenuhi syarat untuk bermain melawan juara Jepang di Copa Suruga.

Juara saat ini adalah Universidad de Chile (2011), sedangkan Boca Juniors yang juga klub Argentina adalah klub tersukses di kompetisi ini dengan prestasi juara dua kali. Boca Juniors juga satu-satunya klub yang berhasil mempertahankan gelar juaranya.

Kualifikasi

CONMEBOL menentukan jumlah wakil setiap asosiasi nasional yang dapat berkompetisi pada turnamen ini dan asosiasi nasional dapat mengatur sendiri bagaimana menentukan wakil yang bertanding di Copa Sudamericana. Turnamen ini menggunakan sistem gugur dua putaran. Juara bertahan akan mendapat bye dan akan mulai berkompetisi pada babak 16 besar. Juara Copa Sudamericana mendapatkan tempat pada Piala Libertadores tahun berikutnya.

Pada tahun 2010, juara bertahan, 8 wakil dari Brasil, 6 wakil dari Argentina, dan 3 wakil masing-masing dari Bolivia, Chili, Kolombia, Ekuador, Paraguay, Peru, Uruguay, dan Venezuela bertanding di turnamen ini.




Turnamen

Turnamen dimulai dengan 16 klub bertanding di babak pertama. 8 klub yang menang bergabung dengan 22 klub lainnya pada babak kedua. Pemenang pada babak kedua bersama dengan juara bertahan kemudian bertanding pada babak 16 besar hingga babak final.

Pada setiap babaknya, keadaan seri atau imbang ditentukan melalui poin, kemudian selisih gol, gol tandang, lalu adu pinalti jika diperlukan. Pada babak final, peraturan gol tandang digantikan dengan perpanjangan waktu dua kali 15 menit.

sepak-bolaaa.blogspot.com > sepak bola > fifa > conmebol > Copa Sudamericana
Tags:

Kopas Brothers

Blog ini merupakan Portal Informasi tentang Sepak Bola Semua artikel, gambar, video, dan berita yang ditampilkan di blog ini adalah milik masing-masing pemilik. Kami tidak memegang hak cipta!! semua artikel ini telah dikumpulkan dari berbagai sumber publik termasuk website yang berbeda, mengingat sumber-sumber tersebut berada dalam domain publik. [ Salam - Kopas Brothers ]